tllznZ4kflNNu95Oy5e9gMckCq4u8Wansm2SHbNL
Bookmark

Anak Dibawah Usia 12 Tahun Dilarang Masuk ke Rumah Sakit: Mengapa Larangan Ini Penting?

Seringkali kita melihat tanda larangan di pintu masuk rumah sakit yang menyatakan "Anak Dibawah Usia 12 Tahun Dilarang Masuk". Kita mungkin telah mendengar atau bahkan mengalami sendiri teguran dari petugas keamanan, perawat, atau dokter saat membawa anak ke rumah sakit. Sebagai manusia, kita memberikan berbagai respon terhadap larangan tersebut. Ada yang mematuhinya, ada yang cuek dan tetap membawa anak, ada juga yang marah-marah karena tidak menerima larangan tersebut, dengan berbagai alasan untuk tetap membawa anak ke dalam rumah sakit.

Sebenarnya, larangan yang diberlakukan oleh rumah sakit bukanlah tanpa alasan atau hanya sekedar aturan iseng belaka. Ada tujuan yang baik di balik larangan tersebut. Beberapa hal ini dapat dijadikan pertimbangan untuk tidak membawa anak ke dalam rumah sakit saat berkunjung.

Membawa anak ke rumah sakit dapat berdampak pada kesehatan anak itu sendiri. Hal ini terjadi karena daya imunitas pada anak belum sempurna sehingga mudah terkena penyakit yang ada di area lingkungan rumah sakit yang lebih dikenal dengan sebutan Nosokomial (penyakit yang didapat saat di rumah sakit).

Selain risiko tertular penyakit, gangguan psikologis juga dapat terjadi pada anak. Saat berkunjung, anak-anak tidak hanya melihat orang sakit, tetapi juga mendengar suara-suara orang yang sakit, seperti teriakan, rintihan, dan bahkan orang yang mengalami pendarahan hebat karena kecelakaan, terutama di ruang UGD. Hal ini dapat menimbulkan trauma dan ketakutan pada anak, yang dapat mengganggu perkembangan psikologisnya.

Selain itu, rumah sakit juga sebagai tempat istirahat bagi orang yang sedang sakit. Kita juga memahami bahwa anak-anak sangatlah beragam dan tidak selalu tenang. Anak-anak cenderung rewel dan sulit untuk diatur, seringkali berteriak dan berlarian sehingga mengganggu orang lain. Bayangkan saat kita sakit dan ingin beristirahat, namun terganggu oleh suasana yang kurang kondusif. 

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan pasien di rumah sakit adalah suasana yang tenang dan nyaman. Oleh karena itu, sebagai orang tua, sebaiknya lebih bijak dalam memutuskan untuk mengajak anak berkunjung ke rumah sakit. Apabila tidak dalam kondisi yang sangat mendesak, sebaiknya jangan membawa anak ke dalam rumah sakit.

Posting Komentar

Posting Komentar