tllznZ4kflNNu95Oy5e9gMckCq4u8Wansm2SHbNL
Bookmark

Jenis Luka Dalam Kedokteran: Bagaimana Dokter Mendiagnosis Penyakit Anda

 

Luka atau vulnus dalam bahasa Latin adalah kondisi ketika integritas kulit dan jaringan lunak terganggu karena suatu penyebab. Dalam dunia medis, dokter sering menggunakan singkatan "V" yang berarti Vulnus. Namun, kata Vulnus tidak dapat berdiri sendiri karena akan selalu diikuti dengan kata keterangan yang mengacu pada penyebab terjadinya luka itu sendiri.

Berikut adalah beberapa jenis luka berdasarkan faktor penyebabnya:

Vulnus Laceratum (Laserasi)

Vulnus Laceratum adalah luka robekan yang disebabkan oleh terjatuh dari motor, terkena ranting tajam, terkena standar motor, dan lain sebagainya. Ciri khas dari luka ini adalah robekan yang memanjang, dalam, dan agak lebar.

Vulnus Excoriatio (Luka Lecet)

Jenis luka ini termasuk jenis luka ringan dan biasanya disebabkan oleh gesekan yang keras antara kulit dengan benda asing. Contohnya adalah kasus kecelakaan lalu lintas di mana korban meluncur di atas aspal atau tanah sehingga terjadi gesekan antara tubuh dan permukaan tersebut.

Vulnus Punctum (Luka Tusuk)

Vulnus Punctum adalah luka yang disebabkan oleh tusukan benda tajam seperti pisau atau anak panah. Ciri khas dari luka ini adalah luka yang sempit dan dalam.

Vulnus Contussum (Luka Kontusio)

Jenis luka ini berbeda dari yang lain karena tidak ada robekan yang terjadi pada kulit. Luka jenis ini terjadi karena benturan keras sehingga pembuluh darah di bawah kulit pecah. Hal ini mengakibatkan perdarahan, tetapi darah tidak bisa keluar sehingga tertimbun di dalam dan terlihat sebagai bekas berwarna biru kehitaman.

Vulnus Incisum (Luka Sayat)

Jenis luka ini adalah luka kecil dan tipis. Biasanya luka ini terjadi karena tindakan bedah atau operasi.

Vulnus Sclopetarium

Vulnus Sclopetarium adalah jenis luka akibat peluru atau tembakan. Jenis luka ini termasuk luka yang dalam. Awalnya, lukanya kecil, namun di ujung luka akan melebar karena peluru berputar.

Vulnus Morsum (Luka Gigitan)

Luka jenis ini disebabkan oleh gigitan gigi seperti gigitan anjing, kucing, onta, atau kuda. Manusia juga bisa menyebabkan luka ini karena memiliki gigi.

Vulnus Perforatum
Luka jenis ini merupakan luka tembus atau luka jebol. Luka ini bisa disebabkan oleh panah, tombak, atau proses infeksi yang meluas hingga melewati selaput serosa/epitel organ jaringan.

Vulnus Amputatum
Vulnus Amputatum adalah jenis luka yang terjadi ketika salah satu bagian tubuh terpotongVulnus Combustion (Luka Bakar)

Vulnus Combustion (Luka Bakar)
Luka jenis ini disebabkan oleh kontak dengan api, air panas, radiasi, bahan kimia atau sengatan listrik yang menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit tubuh. Luka bakar ini dapat dikelompokkan ke dalam beberapa derajat tergantung pada luas, kedalaman, dan area yang terkena luka bakar. Semakin tinggi derajat luka bakar, semakin parah kerusakan yang terjadi pada kulit dan jaringan di bawahnya. Oleh karena itu, pengobatan luka bakar harus dilakukan segera dan tepat untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.
Posting Komentar

Posting Komentar